seputar komunikasi informasi dan teknologi

contoh karya ilmiah

i

TEKNOLOGI ALTERNATIF PEMANFAATAN LIMBAH AIR KELAPA
UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI BUDIDAYA RUMPUT
LAUT (Eucheuma cottonii) DI DAERAH ENDEMIK DESA PATAS,
KECAMATAN GEROKGAK, BULELENG, BALI

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
BIDANG KEGIATAN:
PKM – GT

Diusulkan oleh:
1. Carles Sugara (0810810032) Angkatan 2008
2. Rahmat Sandi Raharja (0810810058) Angkatan 2008

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2009
i

TEKNOLOGI ALTERNATIF PEMANFAATAN LIMBAH AIR KELAPA
UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI BUDIDAYA RUMPUT
LAUT (Eucheuma cottonii) DI DAERAH ENDEMIK DESA PATAS,
KECAMATAN GEROKGAK, BULELENG, BALI

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
BIDANG KEGIATAN:
PKM – GT

Diusulkan oleh:
1. Carles Sugara (0810810032) Angkatan 2008
2. Rahmat Sandi Raharja (0810810058) Angkatan 2008

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2009
ii
LEMBAR PENGESAHAN
1. Judul Kegiatan : TEKNOLOGI
ALTERNATIF

PEMANFAATAN LIMBAH AIR KELAPA DALAM PENINGKATAN KUALITAS BUDIDAYA RUMPUT LAUT(Euch eum a
cottonii) DI DAERAH ENDEMIK DESA PATAS,

KECAMATAN GEROKGAK, BULELENG, BALI.
2. Bidang Kegiatan : PKM – GT
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap
: Carles Sugara
b. NIM
: 0810810032
c. Jurusan
: Manajemen Sumber Daya Perairan
d. Universitas/Institut/Politeknik
: Universitas Brawijaya
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP
: Jl. Kertoasri No. 27, Malang
f. Alamat email
: geboon_tok@yahoo.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis
: 1 orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar
: Dr. Uun Yanuhar, S.Pi,M.Si.
b. NIP
: 132 302 147
c. Alamat Rumah dan No. Telp/Hp

: Villa Bukit Sengkaling
Menyetujui
Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa
Ketua Pelaksana Kegiatan
Ir. Muhammad Musa, MS.
Carles Sugara
NIP. 131 471 522
NIM. 0810810032
Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan
Dosen Pendamping
Ir. Ainurrasjid, MS.
Dr. Uun Yanuhar S.Pi,M.Si
NIP. 130 935 076
NIP. 132 302 147
iii
KATA PENGANTAR

Hanya milik Tuhan Semesta Alam lautan, ilmu dan dengan kemurahan- Nya kita mendapatkan limpahan ilmu milik-Nya untuk mengolah sebagian kekayaan yang diberikan kepada kita. Sungguh sayang, jika kekayaan yang telah dibentangkan di hadapan kita tidak dimanfaatkan dengan optimal.

Perairan sebagai media tumbuh senantiasa memberikan cukup nutrien bagi tanaman. Pandangan tersebut memang benar, tetapi dalam peningkatan kualitas produksi tidak cukup mengandalkan linkungan. Teknik budidaya interfensi manusia pada lingkungan hidup tanaman terbukti menciptakan hasil- hasil produksi yang jauh dua kali lipat lebih besar dalam waktu yang singkat.

Indonesia merupakan salah satu Negara tropika yang terkenal dengan kelapa yang berlimpah, bahkan menjadi pengekspor terbesar. Kelapa sangat banyak manfaatnya dimulai dari daun, batang, buah, akar, dan bunga kelapa. Penggunaan median air kelapa karena air kelapa merupakan penghasil hormon pertumbuhan.

Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyusunan karya tulis ini yaitu Ibu Dr. Uun Yanuhar S.Pi,Msi selaku dosen pendamping PKM – GT, Bapak Ngurah Permana atas segala dukungan dan motivasinya, semua teman-teman yang menemani dan mendukung penulisan karya tulis ilmiah ini dan semua pihak yang terkait dengan kegiatan penyusunan karya tulis ilmiah hingga selesai.

Penulis menyadari bahwa penyusunan karya tulis ilmiah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca.
Malang, Maret 2009
Penulis
iv
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................. i LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................. ii KATA PENGANTAR.......................................................................................... iii DAFTAR ISI......................................................................................................... iv RINGKASAN....................................................................................................... v I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang.... ........................ ....................... ......................... ......... 1 1.2 Perumusan Masalah................... ......................... ........................ ......... 2 1.3 Tujuan dan Manfaat................... ......................... ........................ ......... 2 1.4 Gagasan Kreatif. ........................ ......................... ........................ ......... 3
II. TELAAH PUSTAKA

2.1 Kelapa................ ....................... ........................ ......................... ......... 4 2.2 Rumput Laut E. cottonii....................................................................... 5 2.3 Pendapat Tentang Air Kelapa Masalah Terdahulu................... .......... 8
III METODE PENULISAN PROGRAM

3.1 Studi Literatur.... ........................ ......................... ........................ ......... 10 3.2 Prosedur pengumpulan data....... ........................ ......................... ......... 10 3.3 Metode analisa dan pemecahan masalah dengan cara:............... ......... 10
IV. ANALISA DAN SINTESIS
4.1 Analisa Permasalahan................ ......................... ........................ ......... 11
4.2 Sintesis Permasalahan................ ......................... ........................ ......... 14
V. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan....... ........................ ......................... ........................ ......... 16
5.2 Saran..................................................................................................... 16
DAFTAR PUSTAKA
v
RINGKASAN KARYA TULIS

Kegiatan budidaya rumput laut di Indonesia pada dasarnya digalakan secara ekstensif, namun berkembang dengan kemajuan sains dan teknologi, budidaya rumput laut dibudidayakan secara intensif dan hal ini dapat dilihat dari keadaan alamnya banyak perairan pantai maupun karang yang sangat potensial untuk budidaya rumput laut. Rumput laut memeiliki nilai ekonomis tinggi bagi masyarakat pesisir. Nilai ekonomis dikarenakan rumput laut mampu menghasilkan keragenan dan agar yang bisa dimanfaatkan secara pangan dan non pangan.

Kelapa adalah satu tumbuhan endemik yang hidup di daerah tropis, terutama Indonesia. Kelapa merupakan komoditas ekspor yang juga diandalkan karena memiliki banyak manfaat., dimulai dari batang, daun, dan buah (daging dan air). Penggunaan kelapa pada masa sekarang sudah tidak optimal lagi dikalangan masyarakat maupun industri. Air kelapa salah satu limbah dari industri kopra dan pengolahan minyak berskala rumah tangga, padahal air kelapa mengandung beberapa hormon pertumbuhan yang dapat memacu pertumbuhan tanaman. Dengan dasar itulah penulis ingin menyampaikan informasi mengenai pemanfaatan limbah air kelapa.

Morel (1974) mengatakan bahwa hormon yang terkandung dalam air kelapa ada tiga antara lain sitokinin 5,8 mg/l, auksin 0,07 mg/l dan giberelin. Sitokinin dapat memacu terjadinya organogenesis yang dapat mempercepat pertumbuhan daun (Abidin, 1998). Selain berfungsi sebagai diferensiasi tunas adventif dan organ, juga berfungsi dalam sintesis protein dan pembelahan sel. Dengan adanya sitokinin maka bobot basah tanaman semakin bertambah. Hormon auksin berfungsi untuk merangsang pembesaran sel, sintesis DNA kromosom, serta pertumbuhan aksis longitudinal dan juga untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Giberelin atau sering disebut asam giberelat (GA) merupakan hormon perangsang pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari
vi

Gibberella fujikuroi, aplikasi untuk memicu munculnya bunga. Penelitian Murniati dan Zuhri (2002) mengungkapkan bahwa giberelin mampu mempercepat pertumbuhan biji kopi. Giberelin merupakan senyawa organik yang berperan dalam proses perkecambahan karena dapat mengaktifkan reaksi enzimatik di dalam benih ( Wilkins, 1989).

Penulisan karya tulis ilmiah ini berawal dari studi literatur yang membahas tentang bidang yang berhubungan dengan tujuan ditulisnya karya ilmiah ini. Studi literatur ini didapatkan dari buku-buku, jurnal ilmiah, majalah, koran, internet, dan sebagainya.

Dalam peningkatan pendapatan guna memperbaiki taraf hidup masyarakat yang berada di desa Patas yang merupakan kawasan endemik yang daerah pesisirnya baik untuk kawasan budidaya rumput laut terutama Eucheuma cottonii. Budidaya rumput laut tidak hanya mengandalkan sistem budidaya secara alami melainkan kita harus menciptakan suatu teknologi yang bisa meningkatkan hasil produksi yang optimal. Salah satu pemanfaatannya adalah penggunaan media air kelapa sebagai penghasil hormon tumbuh alami yang terdiri dari sitokinin, auksin dan giberelin. Penggunaan media air kelapa dalam peningkatan kualitas produksi budidaya rumput laut jenis Eucheuma cottonii diharapkan hasil yang didapat bisa jauh lebih besar. Berbagai literatur mengatakan bahwa air kelapa dapat mempercepat pertumbuhan tunas, akar, daun, dan batang dari berbagai tanaman, apabila diaplikasikan ke rumput laut kemungkinan air kelapa berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput laut terutama jenis E. cottonii. Berpengaruhnya air kelapa sebagai hormon tumbuh alami terhadap rumput laut maka dapat meningkatkan produksi budidaya rumput laut daerah pesisir pantai desa Patas sehingga masyarakat setempat mendapat pendapatan yang lebih baik.
1
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Kegiatan budidaya rumput laut di Indonesia pada awalnya digalakan secara ekstensif, namun dinamika ini terus berkembang sejalan kemajuan sains dan teknologi kini rumput laut dibudidayakan secara intensif, karena keadaan alamnya yang merupakan perairan pantai maupun karangnya yang sangat potensial untuk budidaya rumput laut. Rumput laut(sea weed) mempunyai nilai ekonomis dan sosial yang tinggi bagi masyarakat pesisir. Nilai ekonomis tersebut dikarenakan rumput laut mampu menghasilkan karaginan, agar dan alginat. Potensi rumput laut ini tersebar di seluruh perairan Indonesia kurang lebih 2 juta Ha yang dapat dimanfaatkan secara efektif untuk budidaya (Majalah Trobos, 2008).

Kelapa merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat mulai dari daun, batang, dan buah (daging dan air) dan kelapa adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia. Pemanfaatan kelapa dikalangan masyarakat sudah mulai berkurang. Salah satu bagian yang tidak dimanfaatkan secara optimal adalah airnya, misalnya dalam pengolahan minyak kelapa skala rumah tangga, sekarang air kelapa tersebut sudah tidak dimanfaatkan dengan baik, padahal air kelapa mengandung beberapa hormon pertumbuhan yang dapat memacu pertumbuhan tanaman.

Hormon yang terkandung dalam air kelapa yaitu sitokinin, auksin dan giberelin, yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman. Auksin berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan, sedangkan sitokinin adalah hormon turunan dari adenin yang berfungsi untuk pembelahan sel dan diferesiansi mitosis, disintesis pada ujung akar dan translokasi pada pembuluh xilem. Giberelin merupakan hormon tumbuh alami pada tanaman yang bersifat sintesis dan berperan mempercepat perkecambahan. Besar kemungkinan air kelapa juga mampu menjadi hormon pertumbuhan bagiE.
cottoni dan hal ini sangat penting untuk dibuktikan secara ilmiah.
2
1.2 Perumusan Masalah

Pengguanaan media air kelapa ini didasarkan pada pemanfaatan kelapa yang kurang optimal dikalangan masyarakat, misalnya pada industri kopra, pasar tradisional dan pengolahan minyak skala rumah tangga. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dari kalangan masyarakat tentang manfaat dari kelapa. Banyaknya limbah kelapa yang tidak dimanfaatkan maka dari itu perlu adanya teknologi dalam pemanfaatan limbah tersebut.
Rumusan dalam penulisan ilmiah ini meliputi:

1. Bagaimanakah teknologi pemanfaatan limbah air kelapa yang banyak terdapat di pasar tradisional dan pengelola kopra dalam peningkatan produksi rumput laut E. cottonii yang berada di desa Patas Kecamatan Gerokgak yang tidak dimanfaatkan dengan optimal ?

2. Apakah dengan teknologi pemanfaatan limbah air kelapa terhadap pertumbuhan rumput laut E. cottonii bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di desa Patas terutama masyarakat yang berada di daerah pesisir ?
1.3 Tujuan dan Manfaat
Tujuan

1) Pemanfaatan limbah air kelapa yang tidak dimanfaatkan secara optimal oleh industri kopra, pengolahan minyak di pasar tradisional serta mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap budidaya rumput lautE.
cottonii di desa Patas.
2) Upaya peningkatan produksi budidaya rumput laut E. cottonii dalam
meningkatkan tarah hidup terutama masyarakat pesisir di desa Patas.
Manfaat
1) Meningkatkan manfaat limbah air kelapa yang dalam pemanfaatanya
kurang optimal pada industri kopra dan pengolahan minyak.
2) Peningkatan pendapatan masyarakat dalam upaya mensejahterakan
masyarakat pesisir desa Patas.
3
1.4 Gagasan Kreatif

Penggunaan media air kelapa dapat dilakukan terhadap semua jenis tumbuhan (Bey, Y. dan dkk, 2005). Penggunaan media air kelapa untuk tanaman- tanaman yang hidup di perairan laut sebagai media tumbuh dipandang senantiasa memberikan cukup nutrien bagi pertumbuhan tanaman, dalam rangka meningkatkan kualitas produksi tidak cukup hanya mengandalkan lingkungan yang bersifat alami akan tetapi teknik budidaya dengan memanfaatkan limbah air kelapa untuk mnengoptimalkan produksi budidaya rumput laut sekaligus untuk meningkatkan taraf hidup petani di desa Patas yang menjadi pokok bahasan yang menarik untuk dipecahkan.
4
II. TELAAH PUSTAKA
2.1 Kelapa

Kelapa adalah salah satu jenis tumbuhan dari keluarga Arecaceae. Kelapa adalah satu-satunya spesies dalam genusCocos, dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah pohon ini yang berkulit keras dan berdaging warna putih.
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan
: Plantae
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Liliopsida
Ordo
: Arecales
Famili
: Arecaceae
Genus
:Cocos
Jenis
:Cocos nucifera

Kelapa merupakan tanaman endemik yang sebagian besar ada di daerah di Indonesia, yang sangat mudah tumbuh dalam keadaan apapun. Manfaat kelapa sangat banyak sekali mulai dari buah, batang, daun, dan akarnya. Kelapa sekarang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, sebab kelapa memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari pohon kelapa yakni, daun kelapa dalam masyarakat Bali sangat bermanfaat karena daun kelapa yang masih muda dapat digunakan dalam upacara keagamaan, misalnya dalam pembuatan banten yang merupakan simbol terima kasih kepada Tuhan. Batang kelapa juga memiliki manfaat yang ekonomis yakni sebagai bahan bangunan yang biasanya digunakan dalam pembuatan rumah. Buah kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari daging, tempurung, dan airnya. Daging buah kelapa sudah banyak dimanfaatkan sebagai produksi kopra yang sudah marak di kalangan masyarakat sekarang.

Air kelapa mengandung antioksidan dan hormon pertumbuhan. Antioksidan adalah penahan radikal bebas bagi tubuh. Antioksidan ini akan menghentikan reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh bergantung pada jenis antioksidannya.
5

Beberapa hormon yang terkandung dalam air kelapa yaitu auksin, sitokinin, dan giberelin. Hormon tersebut dapat berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman, seperti auksin berfungsi sebagai pembesaran sel, sintesis kromosom, serta pertumbuhan aksis longitudinal tanaman, gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Hormon sitokinin merupakan hormon turunan dari adenin yang berfungsi dalam hal pembelahan sel dan diferesiansi mitosis, disintesis pada ujung akar dan translokasi pada pembuluh xilem. Giberelin merupakan hormon tumbuh alami pada tanaman yang bersifat sintesis dan berperan mempercepat perkecambahan.
2.2 Rumput Laut E. cottonii

Wilayah sebaran rumput laut yang tumbuh alami (wild stock) hampir terdapat di seluruh perairan dangkal laut Indonesia yang mempunyai rataan terumbu karang. Lokasi budidaya E. cottoni tersebar di perairan pantai di beberapa pulau yakni di kepulauan Riau, Bangka-Belitung, Lampung selatan, Pulau Panjang, Pulau seribu, Nusa Dua, Nusa Lembongan, Nusa Penida, Lombok dan masih banyak pulau – pulau yang membudidayakan E. cottonii (Anggadiredja et al, 2009).

Berdasarkan kandungan pigmennya, rumput laut dikelompokkan menjadi 4 kelas yaitu : Rhodophyceae (ganggang merah), Phaeophyceae (ganggang cokelat), Chlorophyceae (ganggang hijau), Cyanophyceae (ganggang biru hijau). Beberapa jenis rumput yang bernilai ekonomi sejak dulu sudah diperdagangkan yaitu
Eucheuma sp., Hynea sp., Gracillaria sp., dan Gelidium sp., dari kelas
Rhodophyceae serta Sargassum sp., dari kelas Phaeophyceae.
Sejak tahun 1986 sampai sekarang jenis rumput laut yang banyak
dibudidayakan di Kepualauan Seribu adalah jenis E. cottonii. Rumput laut jenisE.
cottonii ini juga dikenal dengan nama Kappaphycus alvarezii.
6
Dawes dalam Kadi dan Atmadja (1988) menjelaskan bahwa secara taksonomi
rumput laut jenisEucheuma dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Divisi
: Rhodophyta
Kelas
: Rhodophyceae
Ordo
: Gigartinales
Famili
: Solieriaceae
Genus
:Eucheuma
Jenis
:Eucheuma cottonii

GenusEucheum a merupakan istilah populer di bidang niaga untuk jenis rumput laut penghasil karaginan. Nama istilah ini resmi bagi spesiesEucheum a yang ditentukan berdasarkan kajian filogenetis dan tipe karaginan yang terkandung di dalamnya. JenisEu ch euma ini juga dikenal denganKap paphycus (Doty, 1987 dalam Yusron, 2005). Ciri-ciri E. cottonii adalahthallus dan cabang- cabangnya berbentuk silindris atau pipih, percabangannya tidak teratur dan kasar (sehingga merupakan lingkaran) karena ditumbuhi olehnodu lla atausp in e untuk melindungi gametan. Ujungnya runcing atau tumpul berwarna coklat ungu atau hijau kuning. Spina E. cottonii tidak teratur menutupithallu s dan cabang- cabangnya. Permukaan licin,cartila ginous, warna hijau, hijau kuning, abau-abu atau merah. Penampakanthallus bervariasi dari bentuk sederhana sampai kompleks (Ditjenkan Budidaya, 2004).
Penanaman rumput laut Eucheuma sp. dapat dilakukan dengan
menggunakan beberapa metode. Ada tiga metode yang sudah dikenal masyarakat.
1) Metode Dasar (bottom method)

Penanaman dengan metode ini dilakukan dengan mengikat bibit tanaman yang telah dipotong pada karang atau balok semen kemudian disebar pada dasar perairan. Metode dasar merupakan metode pembudidayaan rumput laut dengan menggunakan bibit dengan berat tertentu.
2) Metode Lepas Dasar (off-bottom method)

Metode ini dapat dilakukan pada dasar perairan yang terdiri dari pasir sehingga mudah untuk menancapkan patok/pancang. Metode ini sulit dilakukan pada dasar perairan yang berkarang. Bibit diikat dengan tali rafia yang kemudian
7

diikatkan pada tali plastik yang direntangkan pada pokok kayu atau bambu. Jarak antara dasar perairan dengan bibit yang akan dilakukan berkisar antara 20-30 cm. Bibit yang akan ditanam berukuran 100-150 gram, dengan jarak tanam 20-25 cm. Penanaman dapat pula dilakukan dengan jaring yang berukuran yang berukuran 2,5x5 m2 dengan lebar mata 25-30 cm dan direntangkan pada patok kemudian bibit rumput laut diikatkan pada simpul-simpulnya.
3) Metode Apung (floating method)/ Longline

Metode ini cocok untuk perairan dengan dasar perairan yang berkarang dan pergerakan airnya di dominasi oleh ombak. Penanaman menggunakan rakit - rakit dari bambu sedang dengan ukuran tiap rakit bervariasi tergantung dari ketersediaan material, tetapi umumnya ukuran yang digunakan 2,5 x 5 m untuk memudahkan pemeliharaan, pada dasarnya metode ini sama dengan metode lepas dasar hanya posisi tanaman terapung dipermukaan mengikuti gerakan pasang surut yang befungsi mempertahankan rakit, agar tidak hanyut digunakan pemberat dari batu atau jangkar. Penghematan area dapat dilakukan dengan, beberapa rakit dapat dijadikan menjadi satu dan tiap rakit diberi jarak 1 meter untuk memudahkan dalam pemeliharaan. Bibit diikatkan pada tali plastik dan atau pada masing-masing simpul jaring yang telah direntangkan pada rakit tersebut dengan ukuran berkisar antara 100-150 gram.

Zatnika Achmad, dkk 2009, mengatakan bibit yang akan ditanam harus berkualitas baik agar tanaman dapat tumbuh sehat. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pemilihan bibit tersebut yakni dengan kriteria sebagai berikut:
1) Bibit yang digunakan merupakanthallus muda yang bercabang banyak,
rimbun, dan berujung runcing.

2) Bibit tanaman harus sehat dan tidak terdapat bercak, luka, atu terkelupas sebagai akibat terserang penyakit ice – ice atau terkena bahan cemaran, seperti minyak buangan dari industri maupun buangan dari kapal – kapal.
3) Bibit rumput laut harus terlihat cerah dan segar yaitu coklat cerah dan

hijau cerah terutama jenis Eucheuma sp.
4) Bibit harus seragam dan tidak boleh tercampur dengan jenis lain.
5) Berat awal diupayakan seragam, sekitar 100 gr per ikatan/ rumpun.
8

Sudradjat, 2008, menjelaskan bahwa waktu yang diperlukan oleh tanaman dalam mencapai tingkat kadungan bahan utama maksimal merupakan patokan dalam menentukan waktu panen. Rumput laut jenis E. cottonii memiliki kandungan keragenan yang optimal setelah mencapai pemeliharaan selama 45 hari, pemanenan rumput laut sebaiknya dilakukan setelah 45 hari. Panen rumput laut untuk bibit dapat dilakukan umur tanaman berkisar 23 – 25 hari. Panen sebaiknya dilakukan pada cuaca yang cerah agar kualitas rumput laut yang dihasilkan akan terjamin. Panen dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni secara selektif atau parsial dan secara keseluruhan.

Panen secara selektif dilakukan dengan cara memotong tanaman secara langsung tanpa melepas ikatan dari tali ris. Keuntungan ini adalah penghematan tali raffia pengikat rumput laut, tetapi memerlukan kinerja yang relatif lama. Cara panen keseluruhan dilakukan dengan mengangkat seluruh tanaman sekaligus sehingga waktu kerja yang dilakukan relatif lebih singkat dibanding cara panen sebelumnya.

Rumput laut yang mempunyai banyak manfaat dapat digunakan dalam industri pangan dan non pangan. Industri panganE. cottonii salah satu produksinya adalahjelly yang merupakan makanan paling sederhana yang dibuat dari agar atau keragenan.Jelly diproduksi biasanya dicampur dengan buah – buahan, ekstrak buah, atau bubur kacang – kacangan pada industri rumah tangga. Industri makanan dalam kaleng, seperti daging dan ikan dalam kaleng, memerlukan bahan pengental, pembentuk gel, serta pensuspensi dengan memanfaatkan agar dan keragenan. Produksi agar-agar memiliki kelebihan dibandingkan dengan keragenan, di mana agar mempunyai kemampuanm elt ing temperatur dan gel strength lebih tinggi, industri non pangan penggunaan agar dan keragenan di antaranya pada industri makanan ternak, keramik, cat, tekstil, kertas, dan pembuatan film.
2.3 Pendapat Tentang Air Kelapa Masalah Terdahulu

Junairiah dan Fatimah (2004), dalam penelitianya mengatakan bahwa tentang pemanfaatan air kelapa sebagai zat pengatur tumbuh alami untuk pertumbuhan kencur ternyata membuahkan hasil yang cukup bagus. Berdasarkan
9

hasil yang didapat pertumbuhan tanaman kencur dapat dilihat dari jumlah tunas, jumlah daun, panjang daun dan lebar daun. Dilihat dari pertumbuhan tunas diketahui bahwa sitokinin terbukti dapat memacu diferensiasi jaringan tunas (Hendaryono,1994). Perbedaan jumlah daun juga disebabkan oleh hormon sitokinin dalam air kelapa yang dapat memacu terjadinya organogenesis sehingga jumlah daun yang terbentuk lebih banyak dan sitokinin dapat mensimulasi pertumbuhan tunas dan daun (Abidin,1985).

Hormon sitokinin juga berpengaruh terhadap panjang daun karena sitokinin dapat memacu pembelahan sel sehingga ukuran panjang daun menjadi bertambah. Lebar daun juga dipengaruhi oleh hormon sitokinin. Dalam hal ini, sitokinin berperan aktif untuk mendorong pembelahan sel karena hormon ini mempengaruhi asam nukleat sehingga langsung mempengaruhi sintesis protein dan mengatur aktivitas enzim (Hendaryono dan Wijayani,1994). Berdasarkan hasil yang didapat, ternyata air kelapa sebagai zat pengatur tubuh alami untuk tanaman kencur yang mengandung hormon sitokinin dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman kencur.

Air kelapa salah satu bahan alami yang didalamnya terkandung hormon sitokinin 5,8 mg/l, auksin 0,07 mg/l, dan giberilin dalam jumlah sedikit serta senyawa lain yang dapat menstimulasi perkecambahan dan pertumbuhan. Sehubungan dengan lamanya waktu yang diperlukan untuk berkecambah dan peranan giberilin dalam memacu perkecambahan biji, begitu juga dengan peran air kelapa dalam perkecambahan maka dilakukannya penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian giberilin dan air kelapa terhadap biji anggrek bulan. Menurut Yusnida Bey, dkk, (2006) mengatakan bahwa pengaruh pemberian giberilin dan air kelapa terhadap perkecambahan bahan biji anggrek bulan dengan konsentrasi tertentu berpengaruh positif terhadap pertumbuhan perkecambahan biji anggrek bulan. Pertumbuhan tersebut dapat dilihat saat munculnya daun, akar, dan tinggi kecambah. Ternyata hasil yang didapat menunjukan bahwa air kelapa dan giberilin berpengaruh positif terhadap perkecambahan biji anggrek bulan.
10
III METODE PENULISAN PROGRAM
3.1 Studi Literatur

Penulisan karya tulis ilmiah ini berawal dari studi literatur yang membahas tentang bidang yang berhubungan dengan tujuan ditulisnya karya ilmiah ini. Studi literatur ini didapatkan dari buku-buku, jurnal ilmiah, majalah, koran, internet, dan sebagainya. Pokok bahasan yang diambil dari studi literatur meliputi:

1) Budidaya rumput laut terutama E. cottoni.
2) Pertumbuhan kelapa yang merupakan tumbuhan endemik
3) Kandungan hormon dari air kelapa sebagai stimulan bagi pertumbuhan
rumput laut terutama E. cottoni.
4) Pemanfaatan air kelapa sebagai zat pengatur tumbuh alami untuk
pertumbuhan kencur ( Kaemferia galanga L.)

5) Pengaruh pemberian giberilin (GA3) dan air kelapa terhadap
perkecambahan bahan biji anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis BL.)
secara in vitro.
6) Pengaruh pemberian air kelapa sebagai hormon tumbuh alami terhadap
pertumbuhan tanaman anggrek.
3.2 Prosedur pengumpulan data

Data-data diperoleh dengan pengumpulan data yang didapat dari internet, buku, dan jurnal ilmiah nasional dan international. Karya tulis ini ditulis dan dibuat dengan menggunakan aturan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas.
3.3 Metode analisa dan pemecahan masalah dengan cara:

1. Diskusi
2. Komparasi
3. Analisa mendalam
11
IV. ANALISA DAN SINTESIS
4.1 Analisa Permasalahan

Tanaman kelapa (C. nucifera L.) merupakan tanaman yang serba guna, baik untuk keperluan pangan maupun nonpangan. Setiap bagian dari tanaman kelapa, dari akar hingga pucuk daun, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Daging buah merupakan lapisan tebal berwarna putih. Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah . Selama perkembangannya, buah kelapa secara kontinyu mengalami kenaikan berat. Ukuran berat maksimum tercapai pada bulan ketujuh, saat itulah jumlah air kelapa mencapai titik maksimal. Zaman sekarang air kelapa sudah jarang dimanfaatkan secara optimal. Industri kopra dan minyak berskala rumah tangga sudah tidak memanfaatkan kelapa dengan baik, padahal banyak manfaat yang ada di dalam air kelapa salah satunya adalah mengandung hormon pertumbuhan.

Morel (1974) mengatakan air kelapa mengandung hormon sitokinin 5,8 mg/l, auksin 0,07 mg/l dan giberelin sedikit sekali serta senyawa lain yang dapat menstimulasi perkecambahan dan pertumbuhan. Hormon sitokinin sangat berperan penting dalam pembelahan sel, bahkan juga bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman (Wattimena,1998; Hariyadi, 2002). Hendaryano (1994) mengatakan bahwa sitokinin juga terbukti memacu deferensiasi dari jaringan tunas. Tunas dapat tumbuh dari jaringan kalus , daun, akar dan potongan batang atau kotiledon. Sitokinin dalam air kelapa juga dapat memacu terjadinya organogenesis yang dapat mempercepat pertumbuhan daun (Abidin, 1998). Selain berfungsi sebagai diferensiasi tunas adventif dan organ, juga berfungsi dalam sintesis protein dan pembelahan sel dengan adanya sitokinin maka bobot basah tanaman semakin bertambah. Hormon auksin berfungsi untuk merangsang pembesaran sel, sintesis DNA kromosom, serta pertumbuhan aksis longitudinal dan juga untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Giberelin atau sering disebut asam giberelat (GA) merupakan hormon perangsang pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari Gibberella fujikuroi, aplikasi untuk
12
memicu munculnya bunga. Murniati dan Zuhri (2002) mengungkapkan bahwa
giberelin mampu mempercepat pertumbuhan biji kopi.

Rumput laut adalah salah satu sumberdaya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Sumber daya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak. Faktor ekologi yang diperhatikan adalah arus, kondisi dasar perairan, kedalaman, salinitas dan kecerahan. Arus air dapat membantu menghindari kotoran pada thallus, membantu pengudaraan dan mencegah fluktuasi. Kondisi perairan yang baik untuk rumput laut E. cottonii adalah perairan yang mempunyai dasar pecahan – pecahan karang dan pasir. Kedalaman perairan yang baik untuk rumput lautE.
cottonii adalah 30 – 60 cm pada waktu surut terendah. Kadar salinitas yang baik

berkisar antara 28 – 35 ppt dengan nilai optimum adalah 33 ppt. Rumput laut juga memerlukan cahaya matahari sebagai sumber energi guna pembentukan bahan organik yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan yang normal.
Sistem budidaya rumput laut ada 3 metode yang sering digunakan oleh
pembudidaya yaitu metode lepas dasar (off bottom method), rakit apung(float ing
rack method), dan rawai (long line method). Bibit yang baik digunakan dalam

budidaya adalah thallus yang masih muda bercabang banyak dan rimbun, bibit tanaman harus sehat dan tidak terserang penyakit ice – ice, bibit E. cottonii harus terlihat segar dan berwarna cerah, bibit seragam tidak boleh tercampur dengan bibit jenis lain, serta bibit diupayakan seragam sekitar 100 gram per ikatan/rumpun. Kualitas rumput laut yang siap panen harus memiliki agar, keragenan, alginat dengan kadar yang tinggi, karena ketiga kandungan tersebut dapat menambah nilai ekonomis yang dapat digunakan dalam olahan pangan maupun non pangan, misalnya olahan pangan yaitujelly yang merupakan makanan paling sederhana yang dibuat dari agar atau keragenan.J el ly diproduksi yang biasanya dicampur dengan buah – buahan, ekstrak buah, atau bubur kacang–
13
kacangan pada industri rumah tangga dan olahan non pangan misalnya pakan
ternak, keramik, cat dan tekstil.

Pemanfaatan limbah air kelapa guna peningkatan kualitas produksi budidaya rumput laut dilaksanakan di desa Patas Kecamatan Gerokgak yang merupakan daerah endemik yang memiliki luas 3236 Ha dan terletak pada ketinggian± 300 m dari permukaan laut. Adapun batas – batas desa Patas sebagai berikut:
1. Sebelah utara
: Laut Bali
2. Sebelah selatan
: Kabupaten Jembrana
3. Sebelah barat
: Sungai Desa Gerokgak
4. Sebelah timur
: Sungai Yehbiu

Jumlah penduduk desa Patas sebanyak 9099 jiwa yang terdiri dari 4621 laki – laki dan 4478 perempuan. Agama yang dianut penduduk desa Patas bermacam– macam antara lain Hindu sebanyak 6408 jiwa, Islam 2602 jiwa, Kristen 67 jiwa, Katolik 3 jiwa, dan Budha 19 jiwa. Mata pencaharian penduduk desa Patas bermacam–macam mulai dari karyawan swasta hingga PNS. Sebagian besar penduduk desa Patas adalah petani mengingat banyaknya lahan pertanian di desa Patas. Desa Patas juga memiliki potensi pesisir yang luas, hal ini disebabkan banyak orang luar yang mengolah sumber daya pesisir. Daftar penduduk terlihat seperti Tabel 1. Potensi pesisir yang ada salah satunya yaitu rumput laut jenisE.
cottonii. Namun, hasil dari budidaya rumput laut belum optimal karena kurangnya

teknologi tentang rumput laut sehingga pendapatan penduduk pesisir kurang optimal. Salah satu teknologi alternatif yang bisa dimanfaatkan yaitu penggunaan media air kelapa yang mengandung hormon alami.
14
Tabel 1 Penduduk menurut mata pencaharian.
No
Mata pencaharian
Jumlah
123456

PNS
Swasta
Wiraswasta
Petani
Nelayan
Jasa

182
394
495
4116
286
54
Total
5527
Kantor Kepala Desa Patas tahun 2008
4.2 Sintesis Permasalahan

Upaya peningkatan pendapatan guna memperbaiki taraf hidup masyarakat yang berada di Desa Patas yang merupakan kawasan endemik yang daerah pesisirnya baik untuk kawasan budidaya rumput laut terutama E. cottonii. Budidaya rumput laut tidak hanya mengandalkan sistem budidaya secara alami melainkan kita harus menciptakan suatu teknologi yang bisa meningkatkan hasil produksi yang lebih besar dua kali lipat dari sebelumnya. Salah satunya adalah penggunaan media air kelapa sebagai penghasil hormon tumbuh alami yang terdiri dari sitokinin, auksin dan giberelin, karena hormon yang dihasilkan oleh air kelapa bisa mempercepat pertumbuhan khususnya dalam pembelahan sel, pertumbuhan tunas, dan mempercepat pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Dengan menggunakan media air kelapa dalam peningkatan kualitas produksi budidaya rumput laut jenis E. cottonii maka diharapkan hasil yang didapat bisa jauh lebih besar. Air kelapa berdasarkan beberapa penelitian dapat mempercepat pertumbuahan tunas, akar, daun, dan batang dari berbagai tanaman, apabila diaplikasikan ke rumput laut kemungkinan air kelapa berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput laut terutama jenis E. cottonii. Pengaruh air kelapa sebagai hormon tumbuh alami terhadap rumput laut dapat menigkatkan produksi budidaya rumput laut E. cottonii daerah pesisir pantai desa Patas sehingga
15

masyarakat setempat mendapat pendapatan yang lebih baik dari sebelumnya, dengan pendapatan yang lebih baik maka masyarakat setempat akan sejahtera dan perekonomian di Desa Patas berjalan lancar.

Data peningkatan produksi rumput laut desa Patas setelah memanfaatkan media air kelapa sebagai media pengkaya budidaya rumput laut E. cottonii ditunjukkkan dengan meningkatnya produksi berat basah seperti terlihat pada Tabel 2.
Tabel 2. Laju pertumbuahan rumput laut E. cottoni menggunakan media air
kelapa.
Laju pertumbuhan (gr)
No Minggu
Wo (gr)
Wt (gr)
G (gr)
Keterangan
1
I
100
125,7
3,67
2
II
100
239
9,92
3
III
100
259
7,75
4
IV
100
279
6,3

Dari tabel di atas, diketahui bahwa berat awal rumput laut 100 gr, mengalami pertumbuhan sebanyak 25,7 gr sehingga total berat pada Minggu pertama 125,7 gr dan laju pertumbuhannya 3,67 gr. Pada Minggu kedua bobot rumput laut bertambah 113,3 gr menjadi 239 gr dari berat total Minggu awal dengan laju pertumbuhannya 9,92 gr. Di sini tampak perbedaan pertumbuhan yang sangat signifikan dari Minggu pertama ke Minggu kedua, sedangkan pada Minggu ketiga berat rumput laut menjadi 259 gr mengalami pertambahan berat 20 gr dari Minggu ke dua yang beratnya 239 gr dan laju pertumbuhannya sebesar 7,75 gr. Minggu terakhir yakni Minggu ke empat mengalami pertambahan berat seperti pada Minggu kedua sebesar 20 gr menjadi 279 gr dan laju pertumbuhannya sebesar 6,3 gr. Pertumbuhan dari Minggu kedua sampai Minggu keempat tidak terlalu signifikan seperti pada Minggu awal sampai Minggu ke dua. Ini berarti pengaruh perendaman bibit rumput laut pada air kelapa optimal dalam jangka waktu tertentu.
16
V. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang didapat dari penulisan ini adalah:

1 Teknik pemanfaatan limbah air kelapa sebagai media pengkaya budidaya rumput laut E. cottonii dapat meningkatkan produksi rumput laut yang ditunjukkan dengan berat basah E. cottonii yang berati dapat meningkatkan pendapatan dan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat yang berada di pesisir pantai desa Patas.

2 Teknologi pemanfaatan limbah air kelapa secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai desa Patas.
5.2 Saran

Upaya memanfaatkan limbah air kelapa di masyarakat luas guna peningkatan produksi rumput laut yang berkualitas untuk menunjang produksi budidaya rumput laut secara optimal.

No comments:

Post a Comment

Copyright © kalaolaoTM. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design